Rekam Jejak Teknologi Inovatif

Maxigrow bukanlah teknologi yang digunakan secara instan. Ia merupakan hasil sebuah dedikasi keilmuan dan penelitian tiada henti untuk mencari solusi bagi kemakmuran bangsa melalui penciptaan produktifitas pangan. Selama dua dasawarsa lebih, sejak awal penelitian, penemuan hingga uji praktis di berbagai lahan pertanian, perkebunan, holtikultura serta peternakan dan perikanan tambak, ia menjadi karya yang sudah sepatutnya diapresiasi oleh siapa pun yang ingin menjadikan bangsa ini maju.

Tahun 1985

  • Riset isolasi dan analisis potensi mikroba tanah dari bumi Indonesia. Pada tahap ini diambil sample mikroba dari berbagai daerah nusantara, terutama dari daerah yang dianggap subur, untuk uji coba. Sampai saat ini riset ini tetap berjalan untuk terus meningkatkan mutu produk.

Tahun 1986 – 1996

  • Uji potensi mikroba unggul yang telah terseleksi di labolatorium. Dari berbagai mikroba yang terkumpul diadakan uji coba, mikroba mana yang pailing baik diantara mikroba yang lain.

Tahun 1996

  • Dari berbagai uji coba akhirnya terpilih beberapa mikroba unggul yang dikemas dalam sebuah teknologi / formula campuran berbagai macam bakteri yang bermanfaat untuk meningkatkan hasil pertanian. Memakan waktu 10 tahun sejak dimulainya penelitian, baru ditemukan mikroba paling unggul yang baik untuk meningkatkan hasil pertanian.

Tahun 1997

  • Dilakukan uji lapangan di sentra pertanian Jawa Tengah, Jawa Timur dan Jawa Barat. Uji lapangan ini pembuktian setelah dilakukan uji lab yang masih bersifat teori.

Tahun 1998

  • Dilakukan uji praktis dan evaluasi oleh petani. Tahap ini dilakukan untuk mengetahui respon dan hasil yang paling objektif oleh pengguna yaitu petani. Setelah dilakukan uji praktis oleh para petani di sejumlah daerah, terbukti mereka puas akan manfaat dan keunggulan teknologi ini.

Tahun 1998

  • Mulai diproduksi secara masal dan dipasarkan di Indonesia. Setelah melalui masa penelitian selama 13 tahun, teknologi ini layak dipasarkan dan mulai diterima pasar secara luas.

Tahun 2011

  • Setelah sukses di pasaran Indonesia secara bebas / konvensional, produk ini dengan New Teknologinya (MaxiGrow) berusaha melakukan penetrasi pasar yaitu melakukan pemasaran secara direct marketing. Adalah Solusi Tani, sebuah prusahaan yang akan membawa kesuksesan baru bagi produktifitas pertanian. Dengan back up perusahaan yang sangat berpengalaman didalam industri pertanian, diantaranya benih jagung, sayuran dan industri pestisida. Tidak hanya itu dari sisi finansial dan IT, MaxiPlus masuk dalam group perusahaan asuransi dan IT.

Kelebihan New Teknologi MaxiGrow adalah :

  • Lebih efektif dan tahan lama dalam kemasan ± 4 tahun.
  • Aplikasikan / taburkan / siramkan MaxiGrow terlebih dahulu, baru pupuk kimia (tidak perlu tenggang waktu).
  • Aplikasi sederhana.
  • Untuk tanaman semusim 1 s/d 2 kali aplikasi.
  • Untuk tanaman tahunan 3 s/d 4 aplikasi per tahun.
  • Sebagai suplemen untuk peternakan (penggemukan) dan perikanan sebagai probiotik dan prebiotik.

Sumber : Buku Pintar MaxiGrow, Amal Alghozali, Litbang PT Tani Solusi, Mei 2016

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s